KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO KEJAR SEO

Kamis, 12 Januari 2012

Cara Membuat Rate Bintang Mesin Pencari

Cara Membuat Rate Bintang Mesin Pencari . Kejar SEO kali ini akan membahas bagaimana cara menampilkan rate bintang rich snippets di mesin pencari google. mungkin selama ini sobat pernah melihat ada bintang yang tampil saat sobat search di google kan ? nah itu dia yang namanya rich snippets . langsung saja kita ke caranya :

1. Buatlah terlebih dahulu akun Google+ kalau sudah punya, silahkan buat juga halaman Google+. Seperti halnya di Facebook ada istilah Halaman facebook.

2. Halaman Google+ dianggap sudah ada dan siap digunakan untuk keperluan Rich Snippets. Rich Snippet sendiri adalah suatu proses menghubungkan profil Google+ ke blog, agar di hasil pencarian Google, author blog dimunculkan dan beberapa fitur lain seperti rating dan deskripsi dari blog.

3.Selanjutnya kita akan menghubung halaman Google+ dengan blog yaitu dengan menempatkan kode dibawah ini di halaman edit html blog tepat di bagian header.

<!-- Tempatkan tag ini di bagian <head> dokumen Anda --> <link href="https://plus.google.com/111799635502470708810" rel="publisher" /><script type="text/javascript"> window.___gcfg = {lang: 'id'}; (function() {var po = document.createElement("script"); po.type = "text/javascript"; po.async = true;po.src = "https://apis.google.com/js/plusone.js"; var s = document.getElementsByTagName("script")[0]; s.parentNode.insertBefore(po, s); })();</script>

Ganti tulisan warna merah dengan id halaman google+ kamu, dan tulisan berwarna orange sesuaikan bahasa untuk blog kamu dalam kasus di atas icalcell menggunakan id yaitu bahasa indonesia. Untuk melihat pengaturan lengkap tentang kode ini, kamu bisa berkunjung ke sini https://developers.google.com/+/plugins/badge/config?pageId=

4. Setelah kode berhasil diterapkan di blog, selanjutnya kita akan mengecek apakah blog sudah terverifikasi di Rich Snippets. Untuk itu silahkan berkunjung ke halaman rich snippets tool. Masukkan salah satu link post di blog, dan perhatikan apakah publisher statusnya sudah verified atau belum.

Jika status sudah verified, sekarang waktunya untuk memasukkan kode-kode Rich Snippets ke html blog seperti Judul, Deskripsi, Reviews dan Rating.

1. Kode dasar Rich Snippets, yaitu suatu div yang meng-cover body blog, sebagai tanda bahwa blog kita adalah blog review untuk Rich Snippet
kode : <div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'> , tambah tepat setelah kode <body>
kode : </div></div> , tambahkan tepat sebelum kode </body> .
Contohnya seperti dibawah ini :
<body>
<div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
--------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------
</div></div>
</body>

2. Kode untuk Reviewer atau author atau penulis, ini akan nampak pada hasil pencarian Google.
kode : <span itemprop='reviewer'>BERRY</span>, selipkan <data:post.author/> diantara tag <span>. sehingga nanti akan menjadi seperti ini <span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span>
Dengan itu, maka nama author di blog contohnya icalcell, akan tampil sebagai nama reviewer.

3. Kode untuk Title atau Judul postingan
kode : <span itemprop='itemreviewed'><Tag Judul Posting></span> , Judul posting disini yang dimaksud adalah tag h1 atau h2 (tergantung judul post kamu menggunakan tag h1 atau h2) dalam html blog yang menunjukkan judul dari postingan. Sehingga setelah kode diterapkan akan menjadi seperti ini.

<span itemprop='itemreviewed'>
<h1 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h1>
</span>

Dalam kasus diatas ical menggunakan tag h1 untuk judul posting (tag h1 dicap sebagai tag judul ramah seo). Mungkin untuk template blog lain menggunakan tag h2 , silahkan sesuaikan saja.

4. Untuk Deskripsi dan Rating Rich Snippets, ical rekomendasi untuk membuatnya secara manual (diterapkan pada single postingan). Artinya setiap posting artikel baru, ikutkan kode rich snippets untuk merekam Deskripsi dan Rating tulisan atau postingan.
Kode untuk Deskripsi Rich Snippets
<span itemprop='description'>Deskripsi Tulisan</span>
kode untuk rating
Rating: <span itemprop='rating'>jumlah rating</span>

Untuk deskripsi sobat bisa sisipkan di awal postingan, contoh untuk tulisan ini menggunakan kode deskripsi seperti dibawah ini:
<span itemprop='description'>Google memang selalu penuh sensasi, kali ini ical perkenalkan fitur Rich Snippet untuk blogspot. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan rating yang berwujud dalam berapa banyak bintang dimana rating ini akan default ditampilkan di mesin pencari khususnya google.</span>
contoh kasus diatas, kita tidak perlu menulis/mengkopy deskrispi cukup sisipkan kode <span itemprop="description"> pada paragraf di blog yang bagus untuk dijadikan deskripsi dan tutup dengan tag </span>.

Untuk rating silahkan simpan di akhir postingan, cukup mengkopy kode di atas. Jumlah rating dari 1-5 bintang. Contoh untuk tulisan ini ical berikan rating 4.5 bintang , sehingga kodenya Rating: <span itemprop='rating'>4.5</span>. Bisa dilihat diakhir postingan.

Untuk memudahkan dalam pengaplikasin kode deskripsi dan rating, silahkan masukkan kode dibawah ini ke template blog (akan otomatis muncul setiap melalukan postingan baru) masuk di settings - posts and comments.
<span itemprop="description">


</span>
Rating: <span itemprop="rating">4.5</span>

Untuk postingan lama, silahkan edit dan masukkan deskripsi dan rating sendiri-sendiri. Untuk Rating sendiri, bisa dibedakan setiap postingan, agar tampak memiliki nilai seni dan berkharisma, jangan mentok pada rating 5 bintang, usahakan bervariasi-lah. Untuk mengecek Rich Snippets tulisan ini silahkan klik link ini. Untuk melihat hasil pencarian di google klik disini. Itulah tulisan tentang Tampil Beda Di Search Engine Dengan Rating Bintang Rich Snippets, Tampil Beda Di Search Engine Dengan Rating Bintang. Rating: 4.5 .

baik demikian dari berry blog , semoga cara menampilkan bintang rich snippet membuat tampilan blog sobat lebih beda di mesin pencari .

sumber lengkap dari : http://www.icalcell.com/2011/12/tampil-beda-di-search-engine-dengan.html
Cara Membuat Rate Bintang di Mesin Pencari
bisnis paling gratis

*